Sabtu, 28 Mei 2011

17 Proyek Masterplan Percepatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia Resmi Diluncurkan

JAKARTA – Wakil Gubernur HM. Masduki, Jumat (27/5) menghadiri peluncuran Masterplan Percepatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 hari ini, di Jakarta Convention Centre yang diluncurkan langsung oleh Presiden RI-Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden RI mengatakan hari ini akan dimulai pelaksanaan pembangunan proyek-proyek tertentu sebanyak 17 proyek di enam koridor. Proyek-proyek tersebut akan dilaporkan langsung oleh empat gubernur dari masing-masing kota yaitu Gubernur Banten di Cilegon, Gubernur Papua di Timika, Gubernur Nusa Tenggara Barat di Lombok, dan Gubernur Sumatera Utara di Semangke, via telekonferensi.

Gubernur Banten Hj.Ratu Atut Chosiyah yang mewakili koridor ekonomi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Kalimantan Barat menyampaikan besaran tenaga kerja yang akan terserap dalam proyek-proyek baru yang tertuang dalam MP3EI, antara lain proyek perluasan industri baja, pelabuhan dan air. Gubernur juga menyampaikan optimismenya atas kemampuan proyek-proyek itu menyerap tenaga kerja.

Menurut Presiden ada beberapa faktor yang membuat rencana atau masterplan ini gagal di antaranya adalah dengan birokrasi yang lambat di Pemerintah Pusat. Kedua adalah pemerintah daerah yang cenderung menghambat kelangsungan masterplan ini. Ketiga katanya adalah adanya ketidakpastian dari investor, atau ingkar janji para investor dan dunia usaha. Keempat adalah adanya regulasi yang menghambat pembangunan ini, namun tidak segera memperbaikinya. Oleh karena itu Presiden mengajak segenap masyarakat Indonesia agar mendukung keberhasilan masterplan ini.

Sumber: editorhumasprotokol, Jum’at, 27 Mei, 2011

0 komentar:

Posting Komentar