Sabtu, 14 Mei 2011

Ratu Atut Chosiyah: Sudah Beramal, Tambah Sehat pula!

KOTA SERANG—Gubernur Banten Hj.Ratu Atut Chosiyah mengimbau kepada seluruh PMI Cabang Kabupaten/Kota untuk terus menggalakkan kegiatan donor darah di wilayahnya masing-masing. Hal itu dilakukan agar persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) terus tersedia, sehingga secara optimal dapat melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan transfusi.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur pada peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang digelar oleh PMI Cabang Kota Serang, Minggu (8/5), di Alun-alun Kota Serang dengan mengadakan kegiatan jalan sehat dan donor darah. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua PMI Kota Serang, Adde Rosi Khoerunnisa, Ketua PMI Banten, Ratu Tatu Chasanah, Sekretaris Daerah Provinsi Banten, H.Muhadi, unsur pejabat dan Muspida Banten, Kota dan Kabupaten Serang.

“Donor darah merupakan kegiatan mulia sebagai salah satu upaya kita untuk menolong sesama yang membutuhkan. Kegiatan mulia seperti ini harus terus digalakkan, khususnya oleh PMI di masing-masing wilayah secara rutin dalam kesempatan apapun, agar persediaan darah di UTD terus ada sehingga bisa melayani kebutuhan masyarakat” ungkap Gubernur.

Hal yang paling penting untuk dilakukan bersama adalah menumbuh-kembangkan semangat masyarakat menjadi pendonor darah. Pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan jajarannya di tingkat Puskesmas maupun PMI se-Banten harus bahu membahu untuk terus menyosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat sampai ke tingkat desa, agar tumbuh pemahaman dan kesadaran yang tinggi dari mereka untuk mendonorkan darahnya.

“Ada dua keuntungan bagi kita ketika menjadi pendonor darah. Pertama untuk menolong sesama yang membutuhkan dan juga sebagai upaya menjaga kesehatan diri sendiri. Darah yang ada dalam tubuh kita tidak akan hilang bila didonorkan, malah akan tumbuh darah yang lebih segar dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Sudah beramal, tubuh kita pun makin sehat!” imbuh Gubernur.

Dengan menjadi pendonor darah juga merupakan wujud partisipasi nyata masyarakat dalam membantu pemerintah menyukseskan pembangunan, khususnya bidang kesehatan. Salah satunya adalah dalam menurunkan angka kematian, terutama pada kasus melahirkan dan kecelakaan.

Tumbuhkan Jiwa Relawan

Sementara itu, Ketua PMI Kota Serang-Adde Rosi Khoerunnisa didampingi Ketua PMI Banten, Ratu Tatu Chasanah menyatakan sesuai tema peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional tahun 2011 “Temukan Jiwa Relawanmu”, kegiatan donor darah merupakan upaya PMI untuk menumbuhkembangkan semangat kerelawanan masyarakat dalam menolong sesama.

“Dengan menjadi pendonor, kita sudah menjadi relawan yang tanpa pamrih menolong masyarakat dari kesulitan yang dihadapinya. Ke depan kami akan terus berupaya menggalakkan kegiatan donor darah ini guna turut membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan” katanya.

Dijelaskan, kegiatan jalan santai yang digelar PMI Kota Serang diikuti sekitar 5.500 peserta. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Sementara itu, sampai pukul 12.00 WIB 08 Mei 2011, warga yang mendonorkan darah sudah mencapai ratusan orang.

Sejumlah warga yang mengikuti kegiatan donor darah mendukung imbauan Gubernur, agar kegiatan tersebut terus digalakkan sampai ke tingkat desa.

Sumber: Biro Humas dan Protokol Banten

0 komentar:

Posting Komentar