Rabu, 29 Juni 2011

Simpan Pinjam Perempuan, Mengentaskan Kemiskinan

tetap semangat kunjungi www.ratuatut.com

SERANG – Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah memberikan pujian kepada Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, yang mencatat tingkat pengembalian 94%. Ibu Gubernur mengimbau agar SPP terus digerakkan, karena telah dirasakan manfaatnya oleh kaum perempuan di seluruh kecamatan di Provinsi Banten.

“Saya sangat bersyukur dengan tingkat pengembalian yang tinggi di kecamatan Cinangka, yaitu mencapai 94%. Saya yakin kecamatan Cinangka termasuk yang paling tinggi tingkat pengembaliannya. Saya pantas memberikan pujian kepada kaum perempuan Cinangka, khususnya yang menjadi anggota SPP,” kata Ratu Atut dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Selasa kemarin (28/06/2011).

Simpan Pinjam Perempuan di Cinangka dapat menggerakkan roda usaha yang dilakukan oleh kaum perempuan. Ekonomi keluarga dan masyarakat secara umum meningkat dengan adanya pinjaman modal usaha. Dengan Simpan Pinjam yang dikelola kaum perempuan, sebagai ibu rumah tangga yang juga melakukan bisnis, maka kemiskinan di Provinsi Banten dapat terkurangi.

Menurut datan yang diperoleh dari PNPM Mandiri Kecamatan Cinangka, dana yang telah digulirkan untuk SPP mencapai Rp 1.1 milyar lebih, yang meliputi 900 kelompok dengan total anggota 7.500 orang. Ratu Atut memberikan semangat kepada para pengurus SPP untuk terus menggerakkan program ini dan berusaha bisa mencapai anggota 10.000 orang.

Sejak 2004 sampai 2010, PNPM Mandiri Kecamatan Cinangka telah mengelola dana Rp 9,375 milyar, di mana sekitar Rp 6,961 miliyar digunakan untuk pembangunan fisik. Bantuan tersebut dikonsentrasikan untuk pembangunan jalan-jalan di Kecamatan Cinangka. Tahun ini memang merespon aspirasi masyarakat tentang kondisi jalan di Banten, termasuk kondisi jalan di wilayah kecamatan. Sementara perbaikan untuk jalan provinsi saat ini sedang dilaksanakan dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

(wp, as, ratuatut.com)

0 komentar:

Posting Komentar