Kamis, 26 Mei 2011

Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2011

KOTA SERANG – Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2011 secara resmi dimulai yang ditandai dengan dilaunchingnya kegiatan tersebut oleh Ketua Komisi Pemuilihan Umum (KPU) Pusat-Hafiz Anshary di alun-alun Barat Kota Serang, Rabu (25/5).

Launching pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2011 tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua KPU Pusat didampingi Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Ketua Bawaslu Bambang Eka Cahya Widodo dan didampingi Muspida Banten, sekaligus dilakukan peluncuran logo Pilgub Banten 2011 berupa gambar badak bercula satu.

Selain itu tahapan Pilgub Banten juga ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dari Gubernur Banten kepada Ketua KPU Banten Hambali.

Ketua KPU Banten Hambali mengatakan, prosesi launching Pilgub Banten 2011 dicanangkan sebagai simbol dimulainya sosialisasi tahapan penyelenggaran pemilu secara terbuka, terstruktur, sistematis dan masif dalam rangka gebyar pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang aman, damai, demokratis, jujur dan adil.

“Kami mengharapkan dukungan semua elemen masyarakat Banten untuk dapat menyukseskan pelaksanaan pemilihan Gubernur Banten 2011,” kata Hambali.

Sedangkan tahapan pelaksanaan Pilgub Banten tersebut sudah dimulai dengan pelantikan petugas PPK dan PPS yang dilaksanakan Selasa 24 Mei 2011, kemudian pada 1 sampai 5 Juni 2011 pengumuman dan penyerahan dokumen rekapitulasi dukungan calon perseorangan, 17 Juni sampai 7 Juli 2011 verifikasi dokumen dukungan calon perseorangan, tanggal 8 sampai 14 Juli 2011 pendaftaran pasangan calon yang diajukan partai politik dan gabungan paryai politik serta perseorangan.

Selanjutnya tanggal 14 Juli sampai 4 Agustus 2011 penelitian dan pemberitahuan hasil penelitian pemenuhan syarat calon, 27 Juli sampai 16 agustus 2011 pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) , 5 sampai 8 Agustus 2011 melengkapi dan atau memperbaiki berkas pencalonan dari calon perseorangan, 22 dan 23 Agustus 2011 penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon, tanggal 25 Agustus 2011 penentuan dan penetapan nomor urut dan pengumuman pasangan calon. Sedangkan waktu kampanye akan dilaksanakan pada 5 sampai 18 Oktober 2011 dilanjutkan masa tenang 19-21 Oktober 2011.

“Pemungutan suara Pemilihan Umum Gubernur Banten 2011 akan dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Oktober 2011,” kata Hambali.

Sedangkan jika terjadi pemilihan Gubernur Banten 2011 tahap dua, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 3 Desember 2011.

Ketua KPU Pusat Hafiz Anshary mengatakan, agar pelaksanaan Pemilihan umum gubernur Banten 2011 berjalan aman dan lancar membutuhkan komitmen yang kuat dari semua elemen masyarakat Banten terutama penyelengara pemilihan umum, mulai KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota, PPK, PPS hingga KPPS. Ia berharap terutama kepada penyelengara pemilihan umum gubernur Banten jangan sampai terjadi manipulasi atau keberpihakan kepada siapapun kecuali kepada Undang-Undang dan aturan yang berlaku.

“Prinsip jujur dan adil harus benar-benar ditegakan, karena godaan atau ancaman sangat berat bagi penyelenggara baik dari tingkat desa hingga KPU,” kata Hafiz Anshary.

Sementara Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah berharap kepada seluruh elemen masyarakat dan pimpinan partai politik agar mengikuti seluruh tahapan Pilgub sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, ia juga meminta kepada KPU agar melakukan verifikasi DP4 secara optimal agar menjadi daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap yang mengakomodir seluruh masyarakat Banten yang memenuhi syarat untuk memilih.

“Penduduk agar didata dengan baik jangan sampai ada yang memenuhi syarat untuk memilih yang terlewat, hingga akhirnya bisa menimbulkan masalah,” kata Gubernur.

sumber: pemprovbanten

0 komentar:

Posting Komentar